Mulai
Dari Diri
Apa
yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Yang saya pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran
adalah ZPD salah satu strategi yang digunakan oleh seorang guru dalam proses
pembelajaran untuk mendukung peserta didik dalam mencapai tujuannya.
Eksplorasi
Konsep
Apa
yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Teori Zona Proximal Development (ZPD), yang dikembangkan oleh Lev Vygotsky, seorang psikolog dan pakar dalam pengembangan anak, mengacu pada jarak antara kemampuan mandiri peserta didik dengan kemampuan yang dapat dicapai dengan bantuan atau bimbingan orang lain, seperti guru, teman sebaya, atau orang dewasa lainnya. Dalam konteks pendidikan, ZPD menyoroti peran interaksi sosial dalam pembelajaran. Guru memiliki peran kunci dalam membantu peserta didik melewati batas kemampuan mereka dengan memberikan bimbingan sesuai dengan tingkat kesiapan mereka. Konsep ZPD mendorong kolaborasi di antara peserta didik, memungkinkan mereka saling membantu. Peserta didik yang lebih ahli dalam suatu mata pelajaran dapat mendukung teman sebaya yang mungkin membutuhkan bantuan. Pendekatan ini tidak hanya memfasilitasi transfer pengetahuan dari guru ke peserta didik, tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan kolaboratif.
Ruang
Kolaborasi
Apa
yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang
kolaborasi?
Dalam ruang kolaborasi yang telah saya pelajari lebih lanjut Bersama dengan teman kelompok yaitu mengenai pandangan masing- masing penerapan ZPD dalam kegiatan pembelajaran. Melalui kegiatan tersebut membantu saya lebih mengetahui sudut pandang lain mengenai penerapan ZPD dalam kegiatan pembelajaran.
Demonstrasi
Kontekstual
Apa
hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda
jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Dari hasil pemaparan dari beberapa anggota kelompok saya memahami bahwa menggunakan ZPD sangat membantu guru dan peserta didik untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif dan berpihak pada peserta didik. Dengan memahami ZPD peserta didik, membantu guru untuk menerapkan scaffolding seperti apa yang akan diberikan. Dari diskusi antar kelompok, masing- masing kelompok setuju bahwa pembelajaran dalam ZPD memiliki pengaruh dalam proses pembelajaran.
Elaborasi
Pemahaman
Sejauh
ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?
Pada
topik ini saya memahami pembelajaran dalam Zone of Proximal Development (ZPD)
dan proses scaffolding yang berpengaruh terhadap proses pembelajaran di kelas.
ZPD menekankan pentingnya guru berperan untuk membimbing dalam proses menggali
potensi peserta didik. ZPD juga menekankan pasa pentingnya kolaborasi dan
interaksi sosial dalam proses pembelajaran
Apa
hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum
pembelajaran dimulai ?
Dari
mempelajari topik ZPD, pemahaman baru yang saya dapatkan adalah adanya istilah
scaffolding. Scaffolding adalah pemberian bantuan kepada peserta didik selama
tahap awal pembelajaran dan mengurangi bantuan ketika peserta didik telah mampu
mengerjakan sendiri. Hal ini bertujuan memudahkan guru untuk menyamaratakan
dengan pertimbangan kemampuan peserta didik dalam proses pembelajaran yang
berbasis dengan kondisi peserta didik
Apa
yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Saya ingin mempelajari lebih lanjut mengenai ZPD dan scaffolding, apakah bisa diterapkan di semua jenjang pendidikan dan bagaimana cara kita mengatasi situasi jika terjadi kecemburuan sosial dalam proses pembelajaran.
Koneksi
Antar Materi
Apa
yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang
sama maupun dengan mata kuliah lain?
Saya memperoleh pemahaman yang berharga tentang pentingnya hubungan antar materi, baik di dalam satu mata kuliah maupun antar mata kuliah yang berbeda. Menyadari adanya keterkaitan antar materi satu dengan yang lain, saya memahami bahwa pemahaman mendalam terhadap materi yang telah dipelajari menjadi kunci untuk memudahkan pemahaman terhadap materi selanjutnya. Kesadaran ini menunjukkan bahwa setiap konsep atau topik yang dipelajari memiliki peran penting dalam membangun fondasi pengetahuan yang kokoh, memungkinkan integrasi pengetahuan dan kemampuan yang holistik. Dengan demikian, hubungan antar materi tidak hanya mengoptimalkan pemahaman saat ini tetapi juga mempersiapkan landasan yang kuat untuk pemahaman materi-materi masa depan.
Aksi
Nyata
Apa
manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru? Bagaimana Anda
menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya? Apa yang perlu
Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?
Mempelajari Zona Proximal Development (ZPD) memberi manfaat besar bagi
kesiapan saya sebagai guru. Saya dapat mengidentifikasi tingkat kemampuan
peserta didik dan merancang strategi pembelajaran yang sesuai dengan ZPD
mereka. Ini memungkinkan saya membuat aktivitas belajar yang maksimal,
memberikan bantuan yang tepat, dan mendukung perkembangan mandiri peserta
didik. Saat menilai kesiapan diri sebagai calon guru dalam skala 1-10, saya
memberi diri saya nilai 7. Saya menyadari perlu meningkatkan pemahaman terkait
ZPD, terutama dalam konteks pendidikan Indonesia dan kurikulum yang berlaku.
Melakukan praktek mengajar, meningkatkan keterampilan komunikasi, dan refleksi
berkelanjutan menjadi fokus peningkatan kesiapan. Dengan persiapan ini, saya
yakin dapat mengimplementasikan konsep ZPD dengan lebih efektif, membantu
peserta didik mencapai potensi belajar mereka secara optimal.
No comments:
Post a Comment