Nama : Novia Nur Hidayah
Prodi : Bimbingan dan Konseling PPG Prajabatan Gel
1 2024
Topik
3 Aksi Nyata
Perspektif Sosiokultural Dalam Pendidikan
1. Mulai
Dari Diri: Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses
pembelajaran?
Sebelum
mempelajari topik ini, yang saya pikirkan pada topik ini adalah membahas mengenai lanjutan dari topik sebelumnya dan masih pada bagaiman guru menciptakan lingkungan belajar yang sesuai dengan latar
belakang siswa. Pada tahap mulai dari diri saya diminta untuk menonton sebuah
video. Dari video tersebut saya melihat bahwa faktor ekonomi sangat berpengaruh
terhadap pendidikan anak-anak di daerah tersebut yang mayoritas dari keluarga
kurang mampu.
2. Eksplorasi
Konsep: Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Pada
topik ini saya mempelajari tentang bagaimana menyikapi perbedaan sosial,
ekonomi, budaya, dan politik dalam pendidikan di Indonesia. Lalu, aktivitas
sosial dan interaksi orang dewasa dengan anak memiliki peranan yang penting
dalam membentuk perspektif anak dalam memandang dunia pendidikan. Kehidupan
sehari-hari anak yang dipengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi mereka akan
menghasilkan sikap, nilai, dan keterampilan yang berbeda, baik kognitif maupun
linguistiknya.
3. Ruang
Kolaborasi: Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda
dalam ruang kolaborasi?
Hal
yang saya pelajari dengan rekan-rekan melalui diskusi pada ruang kolaborasi
adalah bagaimana mengintegrasikan pemahaman atau pandangan masing-masing
tentang pengaruh penerapan perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam
proses pembelajaran yang efektif. Kemudian kami mendiskusikan persamaan dan
perbedaan dari setiap pandangan kami.
4. Demontrasi
Kontekstual: Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi
kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan
diri sendiri)?
Pada
topik ini kami memprsentasikan hasil diskusi kami melalui presentasi kelompok,
kemudian kelompok lain memberikan tanggapan, tambahan, atau pertanyaan terkait
materi yang dipresentasikan. Melalui diskusi antar kelompok ini menolong untuk
menambah wawasan dan sudut pandang yang baru terkait menerapkan perspektif
sosiokultural dalam pendekatan, strategi, dan metode pembelajaran.
5. Elaborasi Pemahaman: Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?
Sejauh
ini hal yang sudah saya pahami tentang topik ini adalah perspektif sosial,
budaya, ekonomi dan politik yang dimiliki oleh peserta didik berpengaruh dalam
keberlangsungan proses pembelajaran di kelas.Oleh karena itu, pendidik harus mempersiapkan dan menyesuaikan diri dalam menghadapi perubahan dan tantangan yang akan terjadi.
Apa
hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum
pembelajaran dimulai?
Hal
baru yang saya pahami dari topik ini adalah dengan memahami karakteristik dan
latar belakang sosiokultural peserta didik, dapat memudahkan seorang guru untuk
menentukan pendekatan, strategi, dan metode pembelajaran yang digunakan untuk
merancang proses pembelajaran yang menyesuaikan latar belakang sosiokultural
peserta didik.
Apa
yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Selanjutnya
saya ingin mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana cara seorang guru
menempatkan diri di dalam kelas dengan beragam karakteristik peserta didik,
sehingga guru mampu mengendalikan kelas dengan baik.
6. Koneksi
Antar Materi: Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam
mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?
Mata
kuliah lain seperti Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pemahamannya, Filosofi Pendidikan Indonesia, Pembelajaran
Berdiferensiasi, dan Prinsip Pengajaran Asesmen yang saling berkaitan dengan
topik perspektif sosiokultural, dimana mempertimbangkan faktor sosial, budaya,
ekonomi dan politik diintegrasikan dalam pembelajaran peserta didik. Keempatnya
harus mempertimbangkan perspektif sosiokultural untuk meciptakan pembelajaran di
kelas yang berpihak pada siswa.
7. Aksi Nyata:Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?
Manfaat
yang saya dapatkan dari mempelajari topik ini adalah meningkatkan pemahaman
tentang masalah sosial ekonomi yang berpengaruh pada peserta didik dalam
pembelajarannya. Membantu saya untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman
dan berdampak positif bagi peserta didik serta berpihak pada peserta didik
Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1–10? Apa alasannya?
Untuk
skala 1–10, kesiapan saya adalah 7 karena sebagian besar saya sudah memahami
materi dalam mata kuliah ini, dan sangat berguna untuk nantinya saya
mempraktekkan pembelajaran dengan pendekatan sosiokultural.
Apa
yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan
optimal?
Untuk
hal yang perlu disiapkan adalah metode belajar seperti apa yang paling efektif
bagi siswa sesuai dengan latar belakangnya. Saya merasa juga perlu untuk terus
mengasah pengetahuan dan keterampilan saya mengenai pembelajaran yang
memperhatikan perspektif sosial, ekonomi, budaya, dan politik peserta didik.
No comments:
Post a Comment