Wednesday, March 6, 2024

Topik 3 Aksi Nyata Perspektif Sosiokultural Dalam Pendidikan Indonesia

Nama   : Novia Nur Hidayah

Prodi   : Bimbingan dan Konseling PPG Prajabatan Gel 1 2024

Topik 3 Aksi Nyata

Perspektif Sosiokultural Dalam Pendidikan

1.  Mulai Dari Diri: Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Sebelum mempelajari topik ini, yang saya pikirkan pada topik ini adalah membahas mengenai lanjutan dari topik sebelumnya dan masih pada bagaiman guru menciptakan lingkungan belajar yang sesuai dengan latar belakang siswa. Pada tahap mulai dari diri saya diminta untuk menonton sebuah video. Dari video tersebut saya melihat bahwa faktor ekonomi sangat berpengaruh terhadap pendidikan anak-anak di daerah tersebut yang mayoritas dari keluarga kurang mampu.

2.      Eksplorasi Konsep: Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Pada topik ini saya mempelajari tentang bagaimana menyikapi perbedaan sosial, ekonomi, budaya, dan politik dalam pendidikan di Indonesia. Lalu, aktivitas sosial dan interaksi orang dewasa dengan anak memiliki peranan yang penting dalam membentuk perspektif anak dalam memandang dunia pendidikan. Kehidupan sehari-hari anak yang dipengaruhi oleh kondisi sosial ekonomi mereka akan menghasilkan sikap, nilai, dan keterampilan yang berbeda, baik kognitif maupun linguistiknya.

3.    Ruang Kolaborasi: Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Hal yang saya pelajari dengan rekan-rekan melalui diskusi pada ruang kolaborasi adalah bagaimana mengintegrasikan pemahaman atau pandangan masing-masing tentang pengaruh penerapan perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik dalam proses pembelajaran yang efektif. Kemudian kami mendiskusikan persamaan dan perbedaan dari setiap pandangan kami.

4.    Demontrasi Kontekstual: Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Pada topik ini kami memprsentasikan hasil diskusi kami melalui presentasi kelompok, kemudian kelompok lain memberikan tanggapan, tambahan, atau pertanyaan terkait materi yang dipresentasikan. Melalui diskusi antar kelompok ini menolong untuk menambah wawasan dan sudut pandang yang baru terkait menerapkan perspektif sosiokultural dalam pendekatan, strategi, dan metode pembelajaran.

5.      Elaborasi Pemahaman: Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Sejauh ini hal yang sudah saya pahami tentang topik ini adalah perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik yang dimiliki oleh peserta didik berpengaruh dalam keberlangsungan proses pembelajaran di kelas.Oleh karena itu, pendidik harus mempersiapkan dan menyesuaikan diri dalam menghadapi perubahan dan tantangan yang akan terjadi.

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?

Hal baru yang saya pahami dari topik ini adalah dengan memahami karakteristik dan latar belakang sosiokultural peserta didik, dapat memudahkan seorang guru untuk menentukan pendekatan, strategi, dan metode pembelajaran yang digunakan untuk merancang proses pembelajaran yang menyesuaikan latar belakang sosiokultural peserta didik.

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

Selanjutnya saya ingin mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana cara seorang guru menempatkan diri di dalam kelas dengan beragam karakteristik peserta didik, sehingga guru mampu mengendalikan kelas dengan baik.

6.      Koneksi Antar Materi: Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Mata kuliah lain seperti Pemahaman tentang Peserta Didik dan Pemahamannya, Filosofi Pendidikan Indonesia, Pembelajaran Berdiferensiasi, dan Prinsip Pengajaran Asesmen yang saling berkaitan dengan topik perspektif sosiokultural, dimana mempertimbangkan faktor sosial, budaya, ekonomi dan politik diintegrasikan dalam pembelajaran peserta didik. Keempatnya harus mempertimbangkan perspektif sosiokultural untuk meciptakan pembelajaran di kelas yang berpihak pada siswa.

7.      Aksi Nyata:Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Manfaat yang saya dapatkan dari mempelajari topik ini adalah meningkatkan pemahaman tentang masalah sosial ekonomi yang berpengaruh pada peserta didik dalam pembelajarannya. Membantu saya untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan berdampak positif bagi peserta didik serta berpihak pada peserta didik

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1–10? Apa alasannya?

Untuk skala 1–10, kesiapan saya adalah 7 karena sebagian besar saya sudah memahami materi dalam mata kuliah ini, dan sangat berguna untuk nantinya saya mempraktekkan pembelajaran dengan pendekatan sosiokultural.

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Untuk hal yang perlu disiapkan adalah metode belajar seperti apa yang paling efektif bagi siswa sesuai dengan latar belakangnya. Saya merasa juga perlu untuk terus mengasah pengetahuan dan keterampilan saya mengenai pembelajaran yang memperhatikan perspektif sosial, ekonomi, budaya, dan politik peserta didik.


No comments:

Post a Comment

Topik 6 Aksi Nyata Perspektif Sosiokultural Dalam Pendidikan Indonesia

  Mulai Dari Diri 1.       Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? Sebelum memulai pembelajaran sa...