Thursday, May 2, 2024

Topik 6 Aksi Nyata Perspektif Sosiokultural Dalam Pendidikan Indonesia

 

Mulai Dari Diri

1.      Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Sebelum memulai pembelajaran saya berpikir topik ini akan membahas kelanjutan dari topik selanjutnya yaitu topik tentang metode selanjutnya yang ada pada penerapan ZPD dalam pembelajaran. Namun, setelah mempelajari topik ini, saya mendapatkan pemahaman lain yaitu tentang isu- isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran dalam perspektif sosiokultural yang senantiasa harus diperhatikan untuk menunjang pendidikan yang lebih baik lagi.

Eksplorasi Konsep

2.     Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Eksplorasi konsep memberikan pemahaman isu- isu prakts terkait implementasi teori Vygotsky yang mencakup peningkatan peran guru sebagai fasilitator pembelajaran, pengembangan kurikulum serta menciptakan lingkungan belajar yang mendukung interaksi sosial. Pendidikan yang berbasis pada teori Vygotsky berupaya menciptakan suatu konteks dimana peserta didik dapat saling mendukung dan berkembang melalui interaksi sosial sehingga mempromosikan perkembangan kognitif yang optimal.

Ruang Kolaborasi

3.    Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Pada ruang kolaborasi saya bersama rekan- rekan membahas pandangan tentang penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran dengan perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik. Ruang kolaborasi juga membahas kesiapan mengajar dengan memperhatikan perspektif sosiokultural. Guru membutuhkan kesiapan agar mampu merancang pembelajaran yang beragam dan bermakna.

Demonstrasi Kontekstual

4.   Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Pada demonstrasi kontekstual, saya Bersama rekan kelompok memperhatikan presentasi dari kelompok lain yang sedang memaparkan hasil diskusi. Hal penting pada materi ini adalah pentingnya pemahaman isu- isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran dengan perspektif sosiokultural untuk melaksanakan pembelajaran kepada peserta didik. Hal penting dari saya, saya akan menjadi guru yang memperhatikan permasalahan sosial, budaya, ekonomi dan politik peserta didik agar pembelajaran berjalan dengan baik.

Elaborasi Pemahaman

5.      Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Yang saya pahami pada topik ini adalah bahwa memahami pendidikan dan pembelajaran dari sudut pandang sosial, budaya, ekonomi, dan politik sangat penting sebagai pendidik. Dengan memahami secara mendalam bagaimana faktor-faktor tersebut memengaruhi proses pendidikan, saya dapat merancang pembelajaran yang  memperhatikan kebutuhan dan latar belakang siswa. Seperti , memahami perbedaan pendidikan dari sudut pandang sosial dan ekonomi dapat membantu saya menemukan peserta didik yang mungkin membutuhkan bantuan tambahan untuk berprestasi di sekolah. Selain itu, memahami keanekaragaman budaya siswa memungkinkan saya membuat lingkungan belajar yang saling menghormati dan menghargai serta lebih multikultural. Selain itu, memahami isu politik dan kebijakan pendidikan terbaru memungkinkan saya untuk tetap relevan dan mengikuti perkembangan sistem pendidikan.

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Ada hal baru yang saya pahami pada topik ini yaitu mengenai isu kolaborasi dan interaksi sosial menjadi pusat perhatian. Vygotsky menyakini bahwa pembelajaran terjadi melalui interaksi dengan orang lain terutama pada mereka yang lebih berpengalaman. Oleh karena itu diantara peserta didik, penyelenggaraan pendidikan harus memperhatikan kolaborasi antara guru dan peserta didik serta memperkuat peran guru sebagai mediator dan fasilitator. Penerapan strategi pembelajaran kelompok, proyek kolaboratif dan diskuis menjadi langkah konkret untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung.

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

Hal yang ingin saya pelajari lebih lanjut adalah bagaimana pendidikan dapar menjadi alat untuk membangun pemahaman yang lebih baik lagi antara masyarakat yang berbeda secara soail, budaya dan ekonomi? Dan apa yang dapat kita lakukan sebagai guru dalam menghadapi isu- isu penyelenggaraan pendidikan dari segi sosial, budaya, ekonomi dan politik?

Koneksi Antar Materi

6.   Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Dengan memahami isu- isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran dalam perspektif sosiokultural guru dapat merancang pengalaman pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Karakteristik peserta didik juga memegang peran penting dalam interaksi sosial yang ditekankan oleh Vygotsky. Asesemen mengenai karakteristik peserta didik dapar membantu membentuk lingkungan kelas yang mendukung perkembangan. Dengan pemahaman ini, berkaitan dengan mata kuliah Prinsip pengajaran dan asesmen, berkaitan pula dengan menentukan gaya belajar, diperlukan pemahaman guru mengenai pembelajaran berdiferensiasi. Untuk mewujudkan pembelajaran berdasarkan pemikiran Ki Hajar Dewantara maka topik ini berkaitan dengan mata kuliah filosofi pendidikan.

Aksi Nyata

7.      Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Manfaat mempelajari topik ini saya memahami tentang isu- isu yang memungkinkan guru untuk lebih responsif terhadap perkembangan pendidikan. Dengan mengetahui perkembangan dan perubahan dalam metode pembelajaran, teknologi pendidikan dan teori pembelajaran terbaru. Maka guru dapat mengembangkan strategi pengajaran relevan dan efektif. Pemahaman isu- isu memberikan kemampuan guru untuk melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang dilakukan. Dengan mengintegrasikan pemahaman tersebut dalam praktek saya dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan merancang pengalaman pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Kesiapan saya untuk menjadi guru berada di skala 8. Saya masih perlu belajar memahami kebutuhan peserta didik. Saya juga harus mempelajari bagaiman bantuan yang diberikan kepada peserta didik agar mereka belajar dengan menyesuaikan pengalaman dan memahami isu- isu sosiokultural.

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Persiapan yang saya lakukan adalah mengembangkan keterampilan penelitian dan pemahaman literatur terkini dalam pendidikan. Saya mengusahakan membaca artikel, jurnal dan buku terkait berbagai aspek isu- isu pendidikan seperti perkembangan kognitif peserta didik, teori pembelajaran, dan inovasi dalam metode pengajaran. Saya juga melakukan observasi kelas, diskusi kolaboratif dengan teman sejawat dan penerapan metode pembelajaran eksperimental adalah cara yang efektif untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman terhadap isu- isu pembelajaran yang aktual.

No comments:

Post a Comment

Topik 6 Aksi Nyata Perspektif Sosiokultural Dalam Pendidikan Indonesia

  Mulai Dari Diri 1.       Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? Sebelum memulai pembelajaran sa...